Pengertian Singkat Strategi Pembelajaran
Strategi pembelajaran sangat dibutuhkan bagi siswa. Bukan hanya agar siswa mencapai goal yang diinginkan, tapi pendidik juga mendapatkan goal berupa siswa yang berhasil dididik dari strategi tersebut
adapun stategi pembelajaran yang haru di perhatika dibawah ini
- Faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pemilihan metode mengajar yaitu :
- Tujuan pembelajaran atau kompetensi siswa
- Karakteristik bahan pelajaran /materi pelajaran yang di dalam nya terdiri dari aspek konsep, prinsip, proses, nilai, takta, intelektual, dan aspek psikomotor. c. Waktu yang digunakan/alokasi waktu
- Faktor siswa yang berj\kaitan dengan jumlah siswa, mental siswa, dan kemampuan siswa.
- Fasilitas , media dan sumber belajar supaya memperoleh hasil belajar yang optimal maka setiap peristiwa pembelajaran haris dirancang secara sistematis dan sistematik.
Macam-macam metode pembelajaran
- Metode ceramah (lecture)
- Metode diskusi
- Metode simulasi (simulation)
- Metode demonstrasi
- Metode eksperimen
- Metode karyawisata, dan
- Metode pemecahan masalah
Sedangkan secara khusus manfaat media pembelajaran yaitu:
- Dalam penyampaian materi pembelajaran dapat diseragamkan dengan bantuan media pembelajaran, penafsiran yang berbeda antar guru dapat mengurangi ketidakseimbangan dengan siswa.
- Proses pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik. Media dapat menampilkan informasi melalui suara, gambar, gerakan, dan warna sehingga membantu guru menciptakan suasana belajar yang menarik.
- Proses pembelajaran menjadi lebih interaktif.
- Waktu dan tenaga lebih efisien, media akan dengan mudah tercapai secara maksimal dengan waktu dan tenaga seminimal mungkin. Guru tidak harus menjelaskan berulang-ulang.
- Kualitas hasil belajar siswa meningkat, dengan materi belajar ini siswa menyerap lebih mendalam dan utuh.
- Dalam proses belajar Media memungkinkan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, siswa dapat melakukan kegiatan belajar dengan lebih leluasa dimanapun dan kapanpun tanpa tergantung seorang guru.
- Media bisa menjadikan sikap positif siswa/siswi terhadap materi dan proses belajar. Merubah peran guru kearah yang lebih produktif dan positif.
3. Beberapa Fungsi pertanyaan dalam pembelajaran yaitu :
- Menstimulus kemampuan afektif dan kognitif siswa
- Menguji kebenaran dan memfasilitasi komunikasi
- Memunculkan atau mengkomunikasikan ide
- Memperkuat konseptualisasi
- Menilai pembelajaran/mengevaluasi pembelajaran.
4. Tujuan variasi dari kegiatan pembelajaran adalah dapat memelihara dan meningkatkan perhatian siswa dalam belajar, meningkatkan rasa ingin tahu siswa dan motivasi, dapat menumbuhkan sikap positif terhadap guru, memelihara cara belajar yang sesuai dan meningkatkan kadar CBSA, adapun inti tujuan proses pembelajaran bervariasi adalah menumbuhkembangkan perhatian dan minat peserta didik agar belajar lebih baik.
Sedangkan manfaat variasi dalam proses pembelajaran yaitu:
- Menumbuhkan perhatian peserta didik
- Peserta didik berpartisipasi melibatkan dalam berbagai kegiatan proses pembelajaran. - Dengan bervariasinya cara guru menyampaikan proses proses pembelajaran, maka akan membentuk sikap positif bagi peserta didik terhadap guru.
5. Tujuan yang ingin dicapai dengan menerapkan keterampilan membuka pelajaran yaitu : Untuk membantu siswa dalam mengetahui batasan tugas yang akan dikerjakan selama proses pembelajaran, membantu mengingatkan siswa akan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya sehingga memudahkan mereka menerima pelajaran yang masih berkaitan dengan sebelumnya. atau,
- Mempersiapkan Membantu diri untuk proses pembelajaran dengan baik dan maksimal - Menumbuhkan perhatian , minat dan semangat siswa untuk mengikuti KBM yang akan dilakukan
- Membantu siswa untuk mengetahui dalam batasan tugas yang akan dikerjakan selama proses pembelajaran.
- Membantu siswa mengingatkan akan materi pelajaran yang telah disampaikan sebelumnya, sehingga memudahkan mereka menerima pelajaran yang masih berkaitan dengan sebelumnya.

Posting Komentar untuk "Pengertian Singkat Strategi Pembelajaran"